Rabu, 07 September 2011

RIHLAH AKHIR TAHUN

LAPORAN HASIL KEGIATAN RIHLAH TK A
EDUKASI TENTANG KERETA API

Pada tanggal 30 Mei2011, Alhamdulillah TKIT Ar-Royyan telah melakukan Edukasi tentang kereta Api yang dalam hal ini kami (TKIT Ar-Royyan) bekerja sama dengan PJ Kereta Api Surabaya.
Tujuan dari diadakannya evaluasi ini adalah kami ingin mengenalkan kepada anak didik tentang salah satu transportasi darat yaitu Kereta Api. Seperti tentang pengemudinya, membeli tiketnya serta memahami safety dalam kereta itu sendiri.
Teknis pelaksanaan rihlah kali ini dengan menggunakan Kereta Api Komuter, berangkat dari stasiun Gubeng Surabaya menuju stasiun Surokerto mojokerto. Edukasi diadakan didalam Kereta dengan dipandu petugas dari PJ Kereta Api Surabaya. Terlebih dahulu anak-anak dibariskan untuk mengganti tiket. Hal ini memberi pemahaman kepada anak bahwa untuk naik Kereta, kita terlebih dahulu harus membeli tiket. Selain itu, membiasakan untuk menjunjung tinggi budaya antri.
Selama dalam perjalanan, didalam Kereta anak-anak diteriksa tiketnya satu persatu oleh kondektur. Anak-anakpun dengan gembira menunjukkan tiketnya dan menyerahkannya. Setelah pemeriksaan tiket, anak-anak diperkenankan untuk masuk ke ruang lokomotif secara bergantian.Begitu pula anak-anak tetap menjunjukkan kegembiraan dan antusias yang tinggi untuk masuk ke ruang kemudi tersebut. Sehingga kamipun mengarahkan sebagian anak yang masih menunggu giliran, untuk murojaah sebagian surat-surat pada juz 30.
Keceriaan wajah anak-anak tetep terlihat hingga kereta berbalik arah dari Mojokerto menuju Surabaya. Dalam perjalanan pulang kami mengawalinya dengan pemeriksaan tiket untuk kembali. Selanjutnya di isi dengan membagikan beberapa snack dan makan. Namun kamipun tetap memperhatikan kebersihan dan safety didalam Kereta. Hal ini ditunjukkan dengan mengarahkan kepada anak-anak agar tidakmembuang sampah sembarangan di dalam kereta maupun melemparnya keluar gerbong. Kami mengantisipasinya dengan kardus-kardus bekas tempat minuman sebagai tempat sampah sementara di dalam Kereta.
Alhamdulillah perjalanan kita tempuh selama kurang lebih 2,5 jam berjalan lancar. Namun, ada beberapa hal yang menjadi perhatian bagi kami tentang beberapa kendala yang tak terduga. Seperti yang terjadi saat itu, yaitu ketika dalam perjalanan ada beberapa anak yang ingin buang air, manun di dalam Kereta komuter tidak ada toilet. Sehingga hal itu sedikit mengganggu kenyamanan anak dalam perjalanan. Namun, dalam hal ini masih dapat kita atasi drngan memakaikan pampers.
Rihlah kali ini telah diikuti oleh seluruh TK A dan didampingi oleh guru TKIT Ar-Royyan serta beberapa pihak yang ikut serta membantu. Selanjutnya InsyaAlloh kami akan mengadakan rihlah kembali dengan tujuan edukasi yang sama untuk anak-anak TK B.

LAPORAN KEGIATAN RIHLAH TK B
DI DELTA FISHING BUDURAN – SIDOARJO

Hari senin, 23 Mei 2011, TKIT Ar-Royyan kembali mengadakan edukasi tentang Kereta Api, akan tetapi kali ini berbeda dari sebelumnya. Kali ini peserta di ikuti oleh TK B yang didampingi oleh orang tua sekaligus ustadzah TKIT Ar-Royyan. Namun, tujuannya tetap sama yaitu untuk mengenalkan anak didik tentang Kereta Api. Sesuai rencana, edukasi kali ini dilanjutkan dengan acara perpisahan siswa TK B di Delta Fishing Buduran-Sidoarjo, yang mana Delta Fishing sendiri merupakan wahana wisata yang menyediakan macam-macam permainan dan juga kegiatan outbond.
Perjalanan dimulai dari stasiun Semut ( Indo Plaza ) Surabaya menuju stasiun Banjar Kemantren Sidoarjo. Sebelum perjalanan anak-anak dibariskan untuk mengantri tiket, dengan terlebih dahulu memberikan pemahaman bahwa setiap naik Kereta Api harus membeli tiket terlebih dahulu. Perjalanan ditempuh kurang lebih sekitar 20 menit, namun perjalanan ini cukup memberikan kesan kepada anak-anak, terutama bagi beberapa anak yang menyatakan sangat senang karena ini pertama kalinya naik Kereta Api.
Setibanya di stasiun Banjar Kemantren, kami melanjutkan perjalanan dengan angkutan kota menuju ke wahana wisata Delta Fishing yang jaraknya kurang lebih 2 kilometer dari stasiun Banjar Kemantren. Setelah selama sekitar sepuluh menit perjalanan, rombongan tiba di tempat wisata yang dituju. Kemudian rombongan membeli tiket masuk sekaligus tiket untuk memasuki wahana-wahana yang ada yang telah menjadi satu paket bernama FUNTIME. Dengan fasilitas ini, anak-anak dapat bermain sepuasnya di wahana yang telah disediakan.
Delta Fishing Sidoarjo juga menyediakan beberapa macam fasilitas outbond, seperti : flying fox, spider web, jembatan tali dan permainan lainnya seperti sepeda air, kolam renang, trampoline dan permainan coin. Anak-anak pun dapat bermain sepuasnya yang dengan hal tersebut dapat melatih mental, fisik, keberanian, dan kemampuan untuk bersosialisasi. Hingga akhirnya waktu telah menunjukkan tengah hari, yang berarti kegiatan ini harus di akhiri. Kemudian rombongan melanjutkan dengan makan siang dan persiapan untuk kembali ke Surabaya.
Maka dengan ini berakhir pula kegiatan perpisahan ini, dan dengan harapan bahwa siswa siswi mendapat kesan yang menyenangkan sekaligus pelajaran tentang alam dan lingkungan yang selama ini mungkin kurang didapati di kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar